VVTI vs dual VVTI Fakta Sejarah Yang Greget

vvti vs dual vvti serupa namun tak sama, mungkin sebuah ungakapan yang pas bagi teknologi Variable Valve Timing Intelligent (VVTI) dan Variable Valve Timing (VVT). Lantas apa sih sebenernya perbedaan VVTi dan VVT? Yuk cari tahu lewat uraian artikel dibawah!

vvti vs dual vvti

Variable Valve Timing Intelligent (VVTI)

Variable Valve Timing Intelligent (VVTI) merupakan teknologi yang dipatenkan oleh Toyota Group (Toyota, Dihatsu, Lexus dan Scion). Teknologi ini diaplikasikan pada mesin mereka dimana terdapat katup variable yang bukaannya dapat disesuaikan kebutuhan dan tingginya putaran mesin. Contoh, ketika RPM berada pada posisi rendah, bukaan katup akan kecil sehingga bahan bakar yang dibutuhkan hanya sedikit. Sebaliknya, RPM berada pada posisi tinggi, bukaan katup akan membesar sehingga tenaga yang dihasilkan akan besar. Oleh sebab itu, teknologi VVTI ini memungkinkan mesin tersebut bertenaga besar namun irit BBM.

Cara kerja vvti posisi katup pada variable ini terletak di katup pemasukan (intake). Sementara pada system Dual VVTi, selain di intake, katup variable juga terdapat di katup buang. All New Avanza merupakan generasi pertama yang mengadopsi VVTi. Generasi kedua pada Avanza ini, turut memberikan pilihan kapasitas mesin 1300cc dan 1500cc, serta perubahan kosmetik pada eksterior, seperti desain bumper, lampu belakang serta perubahan warna. Meskipun generasi ketiga menggunakan mesin yang sama dengan Avanza generasi kedua, namun Avanza generasi ketiga ini sudah mengadopsi power steering elektris serta sektor suspensi yang mengalami perbaikan menjadi lebih nyaman.

Variable Valve Timing (VVT)

Variable Valve Timing (VVT) merupakan teknologi yang dipatenkan oleh Suzuki Group. Serupa dengan VVTI, Variable Valve Timing (VVT) sebuah teknologi yang mengatur cepat atau lambat bukaan katup dengan menggeser sprocket timing. VVT memiliki prinsi kerja yang sama dengan adjustable timing gear namun akan mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan. 

System Pengapian Variable Valve Timing (VVT)


(Dari kiri ke kanan)
  • Pengapuan menggunakan karburator
  • Pengapian menggunakan EFI
  • Pengapian mesin diesel

Untuk mobil Xenia, system pengapian VVTI menggunakan EFI (model B), dimana injeksi bahan bakar sepenuhnya diatur secara elektronik oleh Engine Control Unit (ECU), sama halnya dengan VVT.
Kesimpulannya, VVT hampir sama dengan VVTI namun VVT merupakan teknologi Variable Valve Timing awal dimana teknologi mobil masih bersifat mekanis sebelum berkembang secara Intelligent (teknologi elektronik). 

Source: https://m.facebook.com/groups/AvanzaXeniaSolutions/permalink/366960336838552/

Dilain kesempatan kita akan bahas dual vvti vs ivtec. Ok dari bahasan diatas semoga dapat membantu mengenai perbedaan VVT dengan VVTI, salam AXS Indo.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

1 komentar: